#Iklan
#Iklan

Berbekal Ponsel bisa menjadi Fotografer Jalanan

#Iklan
#Iklan
HP Pedia - Jika Anda memiliki waktu yang luang dan bingung untuk memanfaatkan waktu Anda mungkin kegiatan ini cocok untuk mengisi waktu longgar Anda. Street Photography, adalah sebuah istilah yang juga bisa disebut Fotografi Jalanan, dimana seorang photograph fokus menjepret objek di tempat umum secara diam-diam, seperti di mall, jalanan, tempat nongkrong, di pantai, dan ditempat umum lainnya. Tidak perlu muluk-muluk, Anda bisa menggunakan kamera jenis apapun, kamera portabel atau kamera kecil pun bisa digunakan dalam Street Photography, termasuk kamera saku dan tentunya kmera ponsel.



"Tidak ada definisi baku tentang Street Photography. Beberapa pelaku akan mengatakan bahwa Street Photography itu adalah merekam emosi dan ekspresi orang, sementara yang lain barangkali menempatkan penekanan lebih pada lingkungan perkotaan". Ujar Ahmad Zamroni anggota komunitas pecinta fotografi iPhonesia.

Pada umumnya Street Photography dilakukan secara diam-diam atau candid. Berbagai peristiwa yang ditempat umum itu bersifat kadang sangat spontan dan tidak bisa diprediksi. Semua foto yang dihasilkan bukan hasil rekayasa, alias original. Pemotret juga harus membiarkan adegan berlangsung secara alami, tanpa mengatur atau mengganggunya. Mungkin itulah uniknya genre yang sangat dekat dengan documentary photography ini.

Oleh sebab itu menurut Ahmad Zamroni, selain kemampuan standar teknis fotografi seperti fokus, pencahayaan dan komposisi, seorang streetphotographer juga dituntut untuk bekerja layaknya ninja yang bisa menghilang dalam sebuah keramaian orang dipusat perkotaan.
Setidaknya calon objek mengetahui keberadaan pemotret, namun sang objek tersebut harus merasa cuek dengan kehadiran sang fotografer. Alhasil, fotografer bisa mendapatkan foto yang alami atau bahkan mengejutkan karena tidak terfikirkan sama sekali sebelunya.

#Iklan
#Iklan
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]
#Iklan