#Iklan
#Iklan

Laporan Tugas Akhir Sekolah Aplikasi Penjualan Handphone

#Iklan
#Iklan
HP Pedia - Lama tidak berbagi artikel di blog ini, maklum 2 bulan terakhir ini saya sedang sibuk dengan tugas Akhir Sekolah saya, untuk tugas akhir tersebut alhamdulillah saya berhasil membuat sebuah aplikasi untuk penjualan handphone. untuk screen shotnya bisa lihat gambar dibawah.












Langsung saja sebelum saya share hasil program yang telah saya buat, saya akan share terlebih dahulu laporan dari program tersebut. Tapi mohon maaf hanya bagian BAB I yang saya share karena ternyata untuk Tugas Akhir tahun ini tidak diperlukan laporan pertanggungjawaban, kebetulan juga hanya BAB I saja yang baru saya kerjakan, jadi dari pada mubadzir alias terbuang sia-sia, saya share saja ke blog ini. Namanya juga Media Berbagi jadi oke-oke aja dongg?? hehehehe :D :D :D
Semoga bermanfaat.. ^_^

BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Di jaman yang serba elektronik ini pengguna gadget terutama handphone semakin menjamur. Hal itu tentunya menjadi peluang besar bagi para penjual handphone untuk mengais keuntungan. Oleh karena tingginya permintaan konsumen akan handphone tersebut, kini sudah banyak toko-toko yang menjual perangkat-perangkat tersebut, mulai dari handphone dengan fitur yang sederhana sampai yang canggih sekalipun. Hal ini tentunya menjadi tugas tersendiri bagi para penjual handphone untuk melayani pembeli secara baik dan efektif. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk berfikir tentang bagaimana cara agar para penjual handphone tersebut dapat melayani para konsumennya secara efektif, professional, dan tentunya cepat, mengingat semakin banyaknya pengincar perangkat tersebut.
Sesuai survey yang telah dilakukan penulis ternyata tidak sedikit dari para pemilik toko handphone yang melayani pembelinya dengan cara manual, misalnya ketika ada pembeli sebuah handphone bertipe A dan dengan harga sekian ratus ribu, mereka mencatatnya menggunakan nota/bukti pembayaran manual. Tentunya hal itu akan sangat tidak efektif, mengingat pihak toko juga harus mempunyai salinan dari nota tersebut, dan lagi setiap box dari handphone tersebut juga harus dicantumkan harga dari handphone yang ada didalamnya.
Dari situ penulis mendaptkan ide untuk membuat suatu aplikasi yang kurang lebih fungsinya sama seperti nota manual namun yang ini berupa perangkat lunak dimana si penjual handphone hanya perlu melakukan input data dan hasilnya bisa di print out atau di lihat langsung melalui komputer atau laptop. Jadi pihak penjual handphone tidak perlu repot dan berlama-lama menulis secara rinci diselampiran nota.
Berdasarkan ketertarikan penulis diatas, penulis telah melakukan analisis system mengenai proses penjualan handphone. Dan berasarkan analisis system tersebut pula penulis telah menentukan penggarapan tugas akhir sekolah dengan judul “Aplikasi Penjualan Handphone dan Acesoris Toko E-Cell”.
1.2              Rumusan Masalah
Berdasarkan tema yang telah diambil penulis, masalah terbesar dari penjualan handphone tersebut adalah ketika pihak penjual tidak mengetahui hasil handphone yang terjual entah itu dalam kurun waktu satu minggu atau lebih dikarenakan duplikat nota yang hilang atau laporan keuangan yang kurang jelas. Disamping itu pada saat transaksi juga terkesan lama karena pihak penjual harus mencatat barang apa saja yang dibeli dan menghitung berapa total uang yang harus dibayar oleh pembeli.
1.3              Batasan Masalah
Dari rumusan diatas ternyata ditemukan beberapa batasan masalah yaitu:

  1. 1.      Pihak toko tidak menyediakan penjualan handphone secara kredit.
  2. 2.      Pihak toko juga tidak menyediakan penjualan handphone via telepon/sms.
  3. 3.      Penjualan barang dilakukan secara langsung, dengan artian si pembeli datang lagsung ke toko dan pembayaran dilakukan ditempat.
  4. 4.      Mengingat keterbatasan alat, proses input data belum bisa menggunakan metode barcode, melainkan masih menggunakan keyboard.
1.4              Metodologi Penyelesaian Masalah
Adapun untuk penyelesaian masalah tugas akhir sekolah ini penulis menggunakan pernyataan sebagai berikut:
  1. 1.      Mengumpulkan data yang sesuai dengan topik permasalahan sehingga nanti terbentuk sebuah system.
  2. 2.      Menganalisis system yang telah terbentuk untuk dirangkum menjadi suatu system yang efektif dan mudah difahami.
  3. 3.      Merancang algoritma pemrograman sesuai metode yang akan digunakan.
  4. 4.      Pengaplikasian algoritma kedalam sebuah perangkat lunak yang nantinya akan menjadi sebuah aplikasi serta menguji hasil aplikasi tersebut.
  5. 5.      Uji kelayakan, yakni menguji apakah hasil akhir dari projek ini bermanfaat atau tidak bagi masyarakat yang bersangkutan.
1.5              Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan laporan ini adalah agar penulis dapat membangun sebuah perangkat lunak yang mana dapat mempermudah atau bahkan dapat menjawab dari permasalahan-permasalahan dalam lingkup penjualan handphone.
1.6              Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari pembuatan aplikasi penjualan handphone ini adalah agar para penjual handphone khususnya pihak toko E-CELL dapat lebih mudah dalam melayani pelanggan dan dapat mengontrol alur perdagangan mereka secara efektif dan efisien.
disusun oleh : kirana
#Iklan
#Iklan
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]
#Iklan