#Iklan
#Iklan

TEKNOLOGI NFC Semakin Canggih

#Iklan
#Iklan
 HP Pedia - Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang apa itu NFC, Teknologi NFC atau Near Field Communication yaitu dimana Anda dapat memindahkan informasi antara ponsel Anda dan perangkat NFC lainnya, seperti ponsel, tag NFC atau perangkat pembayaran. Misalnya, Anda dapat berbagi alamat situs web, kontak, nomor ponsel, trek musik, video atau foto. Teknologi ini sudah sangat familiar di beberapa Smartphone baik kelas atas atau menengah. Teknologi ini merupakan teknologi lanjutan dari RFID dan Bluetooth. Jadi dapat diambil kesimpulan teknologi RFID dan Bluetooth ada pada NFC.

Selain bisa digunakan untuk mengirim foto atau file yang bluetooth juga bisa melakukannya teknologi NFC sangat kaya akan kelebihan dibanding teknologi nirkabel lainnya.

Mengatur kendali Mobil dengan NFC
Disalah satu acara Consumer Electronic Show (CES 2013), diperlihatkan sebuah mobil Porsche Carrera yang menggunakan teknologi NFC. Dengan teknologi ini Anda dapat mengontrol beragam aktivitas. Diantaranya mengunci dan membuka mobil. Selain itu ada teknologi push GPS antar Device, jadi Anda bisa dengan mudah memberikan informasi GPS yang ada didalam smartphone kedalam mobil.

Mengambil uang di ATM dengan NFC smartphone


Jika Anda biasa mengambil uang di ATM dimana Anda diharuskan menggunakan kartu ATM kini dengan hadirnya teknologi NFC Anda tidak perlu lagi menggunakan kartu ATM, dengan teknologi NFC yang ada di smartphone, penarikan uang dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan mendekatkan smartphone dengan mesin ATM maka smartphone dan mesin ATM akan melakukan pairing dan transaksi pun bisa dilakukan, canggih bukan.

Melakukan Chek in
Selain fungsi diatas hal lain yang sangat berguna dari teknologi NFC antara lain Anda bisa melakukan verifikasi tanpa menunggu untuk mengantri. Sebab, NFC bisa melakukan verifikasi Chek in baik di hotel, Airport ataupun tempat lainnya. Jadi tidak perlu lagi menunggu lama untuk Chek in.

Berbelanja dengan NFC


Anda juga bisa melakukan transaksi belanja dengan NFC ini. Dengan teknologi NFC ini Anda tidak perlu lagi repot-repot menggotong barang belanjaan ke kasir. Tinggal melakukan scanning barcode dari barang yang hendak dibeli, dan akan disimpan oleh smartphone melalui NFC. Saat Anda selesai belanja Anda cukup melakukan pairing dengan kasir, untuk mengetahui barang yang dibeli sekaligus jumlah pembayarannya.
  
Menjadikan Smartphone sebagai pengganti remote TV


Selain bisa digunakan untuk kontrol mobil. NFC juga bisa digunakan sebagai remote smart TV. Belum saya ketahui cara menggunakan fungsi ini namun salah satu sumber mengatakan bahwa Samsung dan LG telah memamerkan bagaimana cara mengontrol Smart TV bagi para pengguna Smartphone.

Bagaimana pastinya Anda tidak mau ketinggalan teknologi ini kan?
#Iklan
#Iklan
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]
#Iklan