#Iklan
#Iklan

Aplikasi Pembuat Game (Game Engine) Kelas Profesional

#Iklan
#Iklan
HP Pedia - Bermain game? siapa aja juga bisa, tapi bagaimana kalau membuat Game?. hehe nggak semua orang tuh bisa membuat game tentunya yang berbasis elektronik misalnya game PC, Handphone dan lain sebagainya. Untuk membangun sebuah game hal yang wajib disiapkan yaitu keahlian dalam logika, termasuk didalamnya yaitu pemograman, namun sekarang nampaknya udah tersebar juga sih aplikasi-aplikasi gratis untuk membuat game tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman, yaitu anda hanya perlu melakukan drag and drop pada tols-tols yang sudah disediakan di dalam game engine tersebut. Nah sekarang tergantung diri anda mau pilih yang pake Pemrograman atau yang cuma drag n drop aja. Tapi kali ini saya akan berbagi info tentang Aplikasi Pembuat Game (Game Engine) Kelas Profesional namun yang menggunakan pemrograman. Karena menurut saya akapan terkesan lebih profesional jika penggarapan game-nya pakek bahasa pemrograman. biar keren gituuu. :D . Oke silahkan disimak yak..



XNA Framework (XNA Game Studio)
XNA Game Studio adalah game engine milik Microsoft yang didalamnya menggunakan bahasa C# (si sharp). Pegalaman saya saat mencoba menggunakan game engine ini sangatlah menyenangkan, karena kita tidak perlu sulit-sulit mencari tutorialnya, yaps pihak Microsoft sudah menyiapkan sebuah forum dimana disana kita bisa bertanya dan saling sharing mengenai game yang sedang kita bangun. Game Engine ini juga digunakan juga loh oleh anak bangsa yang berhasil memenangkan juara 2 pada ajang bergengsi Imagine Cup di Rusia 2013 lalu, ialah Solite Studio tim solid dari daerah Madura. Mereka menciptakan game yang bertajuk Save The Hamsters. Mungkin anda bisa searching di Google untuk melihat game ini secara detail. XNA Freamwork digunakan untuk paltform windows. Anda juga bisa membuat game PC atau Mobile sekaligus.

Green Foot
Nah bagi anda yang kurang faham dengan bahasa C mungkin yang ini bisa jadi refrensi pilihan anda. Yaps Green Foot ini menggunakan bahasa Java untuk game engine-nya. meskipun hasilnya tidak sebagus XNA Freamwork tapi game ini tetap asik kok untuk digunakan. Tapi bagus tidaknya hasilnya kan tergantung pembuat game nya toh? :D Untuk tutorialnya silahkan dibuka di Youtube, anda tinggal mengetikkan keyword GreenFoot tutorial ntar pasti ketemu kok.

AndEngine
Game Engine yang satu ini juga menggunakan bahasa Java, untuk platform game engine ini diperuntukkan untuk perangkan Android mobile. Tenang AndEngine juga menyediakan tutorial untuk pembuat game pemula kok, anda tinggal kunjungi saja situs AndEngine dan disana anda akan dipandu sampai mahir. Intinya jika anda mau serius dan sungguh-sungguh pasti bisa kok. 
Untuk downloadnya anda bisa mengetikkan langsung di Google Search.
Mungkin itu saja yang bisa saya infokan karena game engine yang lain belum pernah saya coba. Jika anda kurang faham dan ingin tahu lebih mungkin bisa anda tuliskan dikolom komentar di bawah. Yaps semoga Info diatas bermanfaat. :)
#Iklan
#Iklan
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]
#Iklan