#Iklan
#Iklan

Bongkar Jeroan Tablet Extreme Oxygen

#Iklan
#Iklan
HP Pdia – Tepat tanggal 28 April kemarin kami iseng-iseng membongkar onderdil tablet besutan Cina, kami penasaran apa yang ada didalam tablet tersebut. Bukan sok kaya atau apa-apa karena asal-asal bongkar barang mahal, tapi emang tablet ini sudah tidak mampu bekerja, alias rusak :D .

Kami mencoba mengetahui perangkat-perangkat yan ada di dalam Extreme Oxygen WM8650, yang masyarakat pada umumnya menyebutnya Extreme Qxygen. Ketika kami meng-otak atik isi perut tablet ini, tidak ada kesan mengejutkan, karena onderdil yang digunakan tergolong biasa saja. Berikut hasil jepretan yang kami hasilkan saat proses pembongkaran berlangsung.


Kondisi awal sebelum dibongkar

Keerusakan terjadi pada Screen bagian dalam (pecah).
 
Screen diatas bertekstur sedikit lunak, kemungkinan itu bagian Screen yang merangsang sentuhan jari. Bagian screen tersebut sudah terbelah menjadi dua bagian, bagian depan terbuat dari kaca tipis, bagian belakang terbuat dari bahan plastik tebal yang melekat dengan kaca depan.


Bagian Layar kedua.
Pada Gambar diatas terlihat bagian tepi layar terdapat lapisan bahan logam seperti Zink lunak yang mengelilingi Screen.

Screen lepis kedua
Pada screen diatas menggunakan bahan semacam kaca tipis, jika dilihat dari teksturnya sepertinyaa rentan pecah. hal itu terbukti ketika kami mencoba merombak bagian fleksible pada layar.


Cassing dan kaca depan
Tablet ini menggunakan sasis/cassing yang sedikit diragukan kekuatannya, ketika kami membuka penutup dari tablet ini ada satu baut yang sulit dibuka, akhirnya kami putuskan untuk memaksanya, belum sampai setengah tenaga, slot dari baut tersebut sudah lebih dulu patah, maklum bahan yang digunakan adalah plastik. Begitu juga dengan kaca bagian luar, yaitu menggunakan bahan yang lebih lunak dari tablet pada umumnya, tak heran jika Screen bagian dalamnya pecah.


Mainboard Tablet
Saat kami membuka lebih dalam, kami menemukan beberapa slot yang terpampang, yakni USB, microSD, Charger, Audio, dan beberapa slot lain yang belum kami ketahui fungsinya,

Penutup
Pada bagian penutup, sama seperti tablet pada umumnya, yaitu menggunakan penutup berbahan plastik dan berukuran selebar tangan.

Lapiasan Screen
Gambar diatas adalah bagian dalam pelapis Screen terakhir. Menggunakan bahan Zink lunak, seperti yang ada pada lapisan tepi layar. Disana terdapat beberapa tembaga yang menghubungkan antara screen dengan mainboard.

Screen dan mainboard saat masih menempel.


Kondisi terakhir saat Tablet dikembalikan seperti semula

Dari gambar-gambar diatas tentunya menjadi kewaspadaan bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk elektronik besutan Cina. Bukan karena apa-apa, karena menurut survey yang kami lakukan, masyarakat Indonesia lebih suka membeli barang buatan Cina, yang menurut bahasa mereka adalah “Cinoan”, krena harganya yang relatif murah, tanpa mereka mengetahui mana seri yang mempunyai kualitas baik dan mana yang memiliki kualitas kurang. 

Sebagai tambahan tablet diatas tidak dapat digunakan karena terdapat kerusakan pada Screen-nya, kami menemukan lapisan Screen yang sudah pecah padahal lapisan tersebut ada dibagian dalam.
#Iklan
#Iklan
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]
#Iklan